Winong - Penguatan Kesenian Desa, KKN MIT 16 UIN Walisongo Ikut Serta dalam Melatih Rebana Fatayat NU Desa Winong.

Penguatan Kesenian Desa, KKN MIT 16 UIN Walisongo Ikut Serta dalam Melatih Rebana Fatayat NU Desa Winong.

Minggu, 9 Juli 2023 Desa Winong, Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal mengadakan kegiatan rutinan dalam menguatkan kesenian desa melalui latihan rebana yang diperuntukkan untuk Fatayat NU (organisasi masyarakat dari kalangan perempuan muda NU) Desa Winong.

Kesenian Rebana merupakan salah satu kesenian yang bernuansa Islam dan keberadaannya sangat melekat pada pola kehidupan bermasyarakat khususnya di Desa Winong.

Latihan Rebana ini diikuti oleh ibu-ibu Fatayat NU Desa Winong, selain itu Mahasiswa KKN MIT 16 Posko 38 UIN Walisongo Semarang juga ikut serta dalam Melatih kegiatan tersebut. Peserta latihan rebana sangat antusias dan semangat dalam belajar rebana. Latihan rebana yang dihadiri 21 peserta (termasuk pelatih dan mahasiswa KKN) tersebut berjalan dengan kidmat.

"Saya berterimakasih kepada mahasiswa KKN yang berkenan membantu melatih rebana di desa Winong ini, saya harap bisa membantu pada pelatihan selanjutnya untuk persiapan lomba", ujar Ibu Sumiyati selaku Ketua Fatayat NU Desa Winong.

"Saya senang bisa mengikuti latihan rebana ibu-ibu Fatayat dan saya juga berterima kasih kepada pelatih, karena bisa saling belajar rebana bersama ibu-ibu Fatayat.", Ucap Sauhi selaku kordes KKN Posko 38

"Harapan kami, ibu-ibu Fatayat terus semangat dan solid dalam mempersiapkan lomba rebana dan mendapatkan juara", tambah Pakuamudin selaku anggota KKN.

Kegiatan latihan rebana ibu-ibu Fatayat NU ini dilaksanakan setiap Hari Minggu sore dan Kamis Sore di Masjid Roudlotussalam Winong. Selain itu kami juga berharap kegiatan pelatihan rebana terus dilakukan untuk melestarikan nilai budaya Islam, juga sebagai kesetaraan gender karena perempuan boleh ambil peran dalam dakwah menyebarkan syiar Islam.

Redaktor: Dinunah Diyana
Editor: Pakuamudin Muhammad


Dipost : 09 Juli 2023 | Dilihat : 170

Share :