Winong - Hidupkan Potensi Kesenian Desa, KKN MIT 16 POSKO 38 UIN Walisongo Gelar "Pentas Budaya" Lomba Tari Tradisional di Desa Winong

Hidupkan Potensi Kesenian Desa, KKN MIT 16 POSKO 38 UIN Walisongo Gelar "Pentas Budaya" Lomba Tari Tradisional di Desa Winong

Kamis, 17 Agustus 2023 KKN MIT 16 POSKO 38 UIN Walisongo Semarang, mengadakan lomba Tari Tradisional di Dusun Salaman, Desa Winong. Lomba Tari Tradisional merupakan rangkaian Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 78 yang diadakan oleh Mahasiswa KKN di Desa Winong. Lomba yang diikuti tiap dusun yang ada di Desa Winong ini, diperuntukkan kepada anak-anak Sekolah Dasar. Terdapat 5 kelompok peserta, diantaranya perwakilan Dusun Kampung Baru, Dusun Salaman, Dusun Krajan Kulon, Dusun Krajan Wetan, dan Dusun Duren. 

 

Selain untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan, lomba Tari Tradisional ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan menambah pengetahuan anak akan banyaknya jenis tari dan lagu daerah yang ada di Indonesia. Karena, hampir seluruh peserta menampilkan tarian dengan backsound lagu daerah. Adapun lagu daerah yang dibawakan tiap dusun diantaranya Prau Layar dari Kampung Baru, Yamko Rambe Yamko dari Krajan Wetan, Gundul Pacul dari Dusun Duren, Krajan Kulon dengan Lagu Ilir-ilir, dan Dusun Salaman dengan lagu Jangkrik Genggong. 

"Semua peserta, tampil dengan penuh semangat, busana yang sesuai dengan jenis tari, kompak, dan lain lain. Namun, masih kurang menjiwai dari segi ekspresi dan mimik wajah. Hal ini mungkin karena sebagian besar peserta adalah siswa sekolah dasar yang belum mengerti apa makna dari tarian yang mereka bawakan.", komentar Ahmad Hubbi Sauhi (Juri Lomba Tari Tradisional)

 

Selain itu, pemuda Desa Winong turut tampil diatas panggung, membawakan kesenian Hadroh. Kemudian, mahasiswa KKN menampilkan kesenian drama Jawa Ngapak.

 

Setelah sesi pemberian komentar dari dewan juri, tibalah sesi pengumuman pemenang Lomba Tari Tradisional. Hasil juri menyatakan, perwakilan dari Dusun Salaman selaku tuan rumah dalam acara ini dapat menyabet juara 1, Dusun Kampung Baru mendapatkan juara 2, dan Krajan Kulon mendapatkan juara 3. 

 

"Ini termasuk ide kegiatan yang bagus, saya mengapresiasi penuh. Desa Winong memiliki potensi yang perlu digugah lagi agar anak-anak terus bersemangat dalam berkarya", apresiasi Bapak Angsori (Kepala Desa Winong)

 

Sesi terakhir, mahasiswa KKN menampilkan karya film berjudul "Ngimpi" yang dibuat dengan kerja sama antara Kader PKK Desa Winong dan mahasiswa KKN MIT 16 UIN Walisongo Posko 38.

 

Dengan diadakannya acara ini, diharapkan mampu memberikan semangat dan motivasi kepada seluruh anak-anak di Desa Winong agar senantiasa semangat dalam menjalani proses belajar, dapat menemukan minat dan bakat, dan mengembangkan potensi yang ada dalam diri masyarakat. Sehingga dapat membanggakan dan membawa nama baik Desa Winong. 

 

Redaktor: Dinda Amaly

Editor: Pakuamudin Muhammad


Dipost : 30 Agustus 2023 | Dilihat : 321

Share :