Winong - Mahasiswa KKN UIN Walisongo MIT 18 Posko 74 Bantu Pelayanan Posyandu di Desa Winong

Mahasiswa KKN UIN Walisongo MIT 18 Posko 74 Bantu Pelayanan Posyandu di Desa Winong

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) adalah salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita.Posyandu rutin yang dilaksanakan bersama para kader Posyandu Desa Winong kali ini diadakan di Posyandu Anggrek tepatnya di rumah Pak Mubarok, Kepala Dusun Salaman, Desa Winong, Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal (8/7/2024).

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) ke-18 UIN dari Posko 74 turut membantu dalam pelayanan posyandu ini. Pada posyandu kali ini, pelayanan yang diberikan meliputi pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar lengan, dan lingkar kepala anak. Tidak hanya bayi dan balita yang dilayani, tetapi ibu hamil juga mendapatkan pelayanan kesehatan.

Setelah selesai melakukan pengukuran, ibu dan anak diberikan bubur ayam sebagai Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Solikatun, bidan desa Winong, mengungkapkan pentingnya pemenuhan nutrisi yang cukup untuk ibu hamil. Karena masih ada saja ibu hamil yang kurus atau disebut "ibu hamil dengan KEK" (Kekurangan Energi Kronis). KEK mengindikasikan bahwa ibu hamil tersebut mengalami kekurangan gizi dalam jangka waktu yang lama, yang dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin.

"Kebutuhan nutrisi yang mencukupi sangat penting bagi ibu hamil untuk mendukung kesehatan ibu dan perkembangan janin," ujar Solikatun.


Dipost : 08 Juli 2024 | Dilihat : 26

Share :